Kamis, 11 Oktober 2012

Merakit PC Latihan 1


1. Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC.
Tipe/merk :            1. Socket LGA 775
                             2. Socket 478
                             3. Socket 370
                             4. Socket A
                             5. Micro ATX
                             6. ASROCK 770 DE3L
                             7. Serial ATA/600 RAID
2. VGA adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987.
VGA card :             Berfungsi untuk menghubungkan motherboard dengan monitor. VGA merupakan kartu grafis yang terpisah dan harus kita tambahkan pada komputer kita. VGA jenis ini umumnya mahal dan memiliki kinerja jauh lebih baik dibanding VGA onboard.
VGA onboard :        VGA onboard merupakan solusi ekonomi yang efektif dan efisien bagi pengguna PC, karena tidak perlu membeli/menambahkan VGA yang beharga cukup lumayan ke dalam CPU-nya, karena VGA-nya telah terintergrasi pada mainboard PC-nya.
3. RAM adalah sebuah tipe penyimpanan PC yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.
EDO RAM : EDO RAM memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentrasfer data dibandingkan dengan RAM biasa. Slot memori untuk EDO RAM adalah 72 pin. Bentuk EDO RAM lebih panjang daripada RAM yaitu bentuk Single Inline Memory Modul (SIMM). Memiliki kecepatan lebih dari 66 MHz.

SDRAM : SDRAM dengan clock speed yang lebih timggi daripada EDORAM. Biasa dipergunakan pada processor-processor generasi terbaru. SDRAM memiliki kapasitas ± sebesar 32 MB yang bekerja pada FSB sebesar 133 MHz. SDRAM dikemas dalam modul 172 pin.
DDR RAM : DDR RAM didasarkan pada arsitektur yang sama dengan SDRAM, tetapi clock berbeda untuk mentrasfer data lebih cepat 2x dalam jumlah waktu yang sama. DDR RAM pada dasarnya 2x lebih cepat dari SDRAM. Memiliki kecepatan266 MHz. DDR RAM terdiri dari 184-pin modul memori dual in-line (DIMM).
4. Harddisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis.

5. Power supply adalah sebuah perangkat yang ada dalam CPU yang berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke berbagai peralatan komputer.
6. Casing adalah kotak penutup bagian-bagian komputer, seperti processor, motherboard, dan peripheral lainnya.
7. Processor merupakan otak dan pusat yang mengontrol berjalannya sistem komputer.
Processor Intel = Sebuah processor 64-bit yang dikembangkan oleh Intel dan Hewlett – Packard, yang menggunakan arsitektur IA – 64 (Intel Architecture 64-bit).
Processor Intel Pentium = Processor generasi baru yang mampu menangani berbagai jenis data seperti suara, bunyi, tulisan tangan, dan foto.
Processor Core I7 = Adalah nama dari processor PC yang diciptakan oleh Intel Corporation. Dirilis pada tahun 2008, model processor dalam Core I7 termasuk Bloomfield, Lynnfield, dan model Clorksfield. Core I7 PC menggunakan apa yang dikenal sebagai Nehalem mikroarsitektur. Dalam istilah dasar, ini mengacu pada cara bahwa mikroprocessor dibuat, khususnya ukuran dan efisiensi energi. Processor dibuat dengan teknologi mikroarsitektur Nehalem baru 45 nanometer dalam ukuran dibandingkan processor sebelumnya yang diukur 65 nanometer – perbedaan yang sangat meningkatkan efisiensi energi, yang menghasilkan kinerja yang lebih besar dan daya untuk PC.
Processor AMD = AMD merupakan processor pesaing Intel yang memiliki kemampuan hampir sama. Namun dalam soal harga, AMD cenderung lebih murah. Seperti juga Intel, processor AMD dikenali dari nama yang diikuti dengan kecepatannya. Contohnya : AMD Sempron 3100+. Berbeda dengan Intel, perhitungan nilai 3100+ disebut dengan P rating. Perhitungan ini dilakukan berdasarkan kelipatan kinerja processor tersebut dibandingkan dengan processor AMD sebelumnya.
Processor Athlon = Adalah sebuah mikroprocessor 64-bit yang dibuat oleh Advanced Micro Devices. Processor ini dimanufaktur dengan menggunakan proses manufaktur 130 nanometer/90 nanometer dengan teknologi Silicon - On – Insulator (SOI). Processor ini adalah processor 64-bit dengan set intruksi AMD 64, yang merupakan sebuah ekstensi terhadap set intruksi x86 yang berupa set intruksi 32-bit.
8. Sound Card : Jenis sound card yang terpisah dari motherboard
Sound On board :Jenis sound card yang terpasang langsung pada motherboard
9. Floppy disk drive (FDD) merupakan alat tambahan yang digunakan untuk meletakkan piringan magnetik, memutar piringan, dan menggerakan head baca-tulis pada posisi yang diinginkan ketika mengakses informasi dari dalam disket.
10. DVD (Digital Versatile Disc) adalah perangkat penyimpanan yang menggunakan teknologi optik/laser untuk menyimpanan data lain. DVD room adalah tempat untuk DVD tersebut.
Perbedaannya dengan DVD eksternal adalah DVD room sudah terpasang langsung di PC, sedangkan DVD eksternal harus dibeli terdahulu. Dan membuang-buang waktu jika kita harus memasangnya terlebih dahulu.
11. Mouse berfungsi untuk menggerakan pointer, menunjukkan perintah/program pada layar monitor.
12. Keyboard adalah sebuah papan yang terdiri atas tombol-tombol untuk mengetik kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer.
13. Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
14. Printer berfungsi untuk mencetak dokumen.
15. Scanner berfungsi untuk memindai teks menjadi sebuah data dokumen di komputer.
16. Monitor merupakan sebuah perangkat PC yang termasuk dalam komponen output device. Jenis monitor ada 2, yaitu :
> Monitor CRT, yaitu monitor yang berbentuk seperti TV. Monitor ini sangat boros dalam hal tempatnya. Bentuknya yang besar membuat ruangan menjadi sempit. Untuk merawatnya juga cukup sulit. Karena selain merawat bagian luarnya, kita juga harus membersihkan kotoran yang ada di dalamnya.
> Monitor LCD, yaitu monitor yang bentuknya cukup tipis. Sehingga tidak terlalu membuang-buang tempat. Untuk perawatannya, hanya perlu membersihkan layarnya saja. Untuk menghindari kerusakan pada layarnya, cukup diberi anti gores saja. Selain itu, cahaya yang dipancarkan tidak terlalu merusak mata. Sedangkan monitor CRT, cahayanya tidak bagus untuk kesehatan mata.
19. Flash disk berfungsi untuk penyimpanan data. Penggunaan falsh disk cukup praktis. Ukurannya yang kecil membuat benda ini mudah untuk disimpan. Dan juga harganya yang terjangkau, flash disk ini diminati banyak orang.
20. USB hub adalah sebuah aksesoris komputer yang meningkatkan jumlah koneksi pada antarmuka USB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar